7 Tips Mengatasi Nervous

7 tips mengatasi nervous - Siapa sih yang ingin penampilannya kacau gara-gara nervous? Tentu bukan anda. Ada beberapa tips mengatasi nervous yang akan saya bagi untuk anda:

1. Pahami bahwa perasaan grogi adalah energi positif dalam diri anda
Apa yang anda rasakan saat grogi? Dada berdebar debar, keringat dingin, bibir bergetari dan darah seolah mengalir lebih cepat. Rubahlah pemikiran anda dengan memikirkan bahwa ini adalah sebuah dorongan energi positif yang meluap-luap dan siap meletus dalam diri anda. Salurkan energi tersebut dengan melakukan halyang positif.

2. Bersikaplah nothing to loose
Keinginan untuk memberikan yang terbaik memunculkan perasaan grogi dalam diri anda. Secara negatif pikiran kita akan terbebani oleh ketakutan untuk melakukan kesalahan, kekhawatiran akan gagal, dan berbagai bayang-bayang kegagalan lainnya memenuhi pikiran anda. 54 bersikaplah nothing to loose", tidak ada sesuatu yang patut kita takuti. Bila kita gagal setelah berusaha sebaik-baiknya, maka tidak ada sesuatu yang harus menjadikan kita begitu kehilangan.

3. Tenangkan diri anda
Sementara anda menunggu giliran untuk tampil. Lakukan relaksasi dengan menutup mata, tarik nafas dalam-dalam, keluarkan perlahan, dan hembuskan. Keluarkan energi negatif anda dengan menghembuskan nafas. Lakukan hal ini berulng-ulang sampai anda merasa tenang.
4. Kerahkan energi anda
Kumpulkan energi yang ada pada diri anda. Mulai berdiri dengan tegap dan yakin. Bila perlu, motivasi diri anda dengan kata-kata ,,semangat,, atau "Yes".

5. Berbicaralah dengan keras dan lantang
Bila anda hanya berbicara dengan lambat, maka bibir anda akan semakin terlihat bergetar, begitu juga dengan suara anda. Maka, salurkan rasa grogi itu melalui suara anda yang keras, lantang dan yakin. Suara keras anda bukan hanya mengatasi kecemasan, namun juga sebagai sarana untuk menyalurkan energi tersebut.

6. Diam
Anda dapat menyalurkan ketegangan dalam diri anda pada audiens, yaitu dengan berdiam sejenak setelah memulai presentasi. Bila anda merasa ketegangan di audiens sudah cukup meninggi, mulailah presentasi dengan sebuah pembukaan yang kuat, tegap, dan lantang.

7. lontarkan Humor yang wajar
Lenturkan kegugupan anda dengan sebuah humor yang wajar. perlu perencanaan yang baik, namun jangan sampai kehilangan spontanitas anda. Dan berikan humor yang baik, yang tidak menyinggung atau melukai perasaan siapapun. Semoga dengan tips ini, penampilan anda menjadi lebih baik dan masalah grogi yang di alami dapat mencair.
Selamat mencoba……..

Semoga bermanfaat……

0 nhận xét:

Đăng nhận xét