Tips Meningkatkan Kesehatan

Tips Meningkatkan Kesehatan - Sehat adalah keinginan semua orang, bukan. Nah, saya akan berbagi tips untuk dapat meningkatkan kesehatan sobat semua. Apa saja? Mari kita lihat bersama-sama.

1. Bangun Pagi
Selain meminimalkan agar kita tidak kesiangan, bangun pagi juga banyak manfaatnya loh. Dengan bangun pagi, fikiran akan terasa lebih fresh. Menurut para ahli medis, saat pagi adalah saat-saat tanaman memproduksi oksigen sebanyak-banyaknya, dan itu baik bagi kesehataan. Riset juga membuktikan bahwa melihat warna hijau dapat menyehatkan mata dan menurunkan emosi. Masih mau bangun kesiangan???

2. Mengkonsumsi telur di pagi hari
Usahakan pada saat sarapan, telur ada dimenu makan anda. Protein yang terkandung di dalam telur dapat membantu proses pembakaran lemak, sehingga saat makan siang kita tak begitu banyak makan disebabkan tubuh cukup mencerna nutrisi dan lemak. Bagi yang sedang melakukan diet, dapat mencoba tips ini.

3. Minum kopi atau teh setiap pagi
Kabar baik untuk pecinta kopi. Kenapa? Karena minuman hitam dan paling nikmat bila di minum pada saat panas/hangat ini mengandung banyak manfaat. Dengan kandungan kafeinnya yang dapat meningkatkan kerja jantung, sehingga memperlancar peredaran darah. Tentunya dengan takaran yang pas,  yakni 3 cangkir kopi perhari. Bagi yang tidak suka kopi, dapat mengantinya dengan minuman teh.

4. Jangan mandi setelah makan
Hal ini akan menyebabkan anda merasa mual-mual. Lebih baik menunggu 30 menit setelah makan, baru kita  mandi. Karena mandi membuat peredaran darah ,menyebar keseluruh tubuh (salah satu penyebab kenapa kita merasa segar setelah mandi), sehingga darah tidak terkonsentrasi di dalam lambung dan usus (untuk membuntu proses pencernaan), akibatnya akan menghambat pencernaan.

5. BAB teratur
Asupan yang kita makan tentulah harus dikeluarkan. Dengan pola eliminasi (pengeluaran/pembuangan sisa makanan) yang baik dan teratur, tentu akan menjaga kesehatan kita. Normalnya, manusia BAB 1 kali sehari, jika dalam waktu itu kita tidak BAB maka akan terjadi masalah dengan pencernaan dan kesehatan lambung serta usus kita. Bagi yang kesulitan mengatur pola eliminasinya (BAB tidak teratur), lakukan olahraga seperti jalan kaki, naik turun tangga, dan lari-lari kecil. Minum air putih setelah bangun tidur pun ampuh untuk membantu memperlancar BAB.

6. Minum air 3,5 liter perhari
Sudah menjadi kebutuhan seorang manusia untuk memenuhi asupan air di dalam tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan air sebanyak 3,5 liter perhari dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Karena air menggandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan pengeluaran melalui air keringat, air kencing, ludah, dll. Akan membuat tubuh kekurangan banyak cairan, sehingga kebutuhan itu harus terpenuhi untuk menyeimbangkan kadar elektrolit yang ada di dalam tubuh.

7. Teh tawar panas
Kandungan zat tannin yang ada di dalam teh diteliti dapat menetralisir kandungan-kandungan lemak dan kolesterol, Sehingga ini baik bagi orang-orang dengan tingkat kolesterol yang tinggi.

8. Sikat gigi 1 jam sebelum tidur
Selain dapat membersihkan kotoran dan kuman yang ada di dalam mulut, dengan sikat gigi 1 jam sebelum tidur dapat mengurangi rasa ingin ngemil dimalam hari. Ngemil di malam hari tentulah tidak baik untuk kesehatan, selain itu juga dapat mempengaruhi berat badan anda. Bagaimana sobat? Mudah kan?Tunggu apa lagi, segera rubah pola dan gaya hidup anda, agar kesehatan selalu ada dalam hari-hari kita.


Sekian tips dari saya tentang  meningkatkan kesehatan, Semoga tips tersebut bermanfaat………

0 nhận xét:

Đăng nhận xét